TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
“KISAH NABI SYU’AIB’’
![]() |
|||||
![]() |
![]() |
||||
Disusun oleh :
Nama : Sri Hastuti Nur Wakhidah
No : 14
Kelas : XI IPA-3
SMA
NEGERI 3 BOYOLALI
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Nabi Syu'aib a.s.
Nabi Syu'aib a.s. "Siapa yang menunjukkan jalan
yang benar", ialah seorang Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dalam Islam
yang juga namanya turut disebut didalam al-Qur’an. Baginda Nabi Syu'aib
dipercayai ialah berasal dari keturunan Nabi
Ibrahim a.s.. Baginda Nabi Syu'aib telah dipertanggungjawabkan oleh Allah untuk menjadi
Rasul kepada kaum Midian, membimbing mereka kearah kebenaran serta memberi
peringatan, teguran, bencana dan berita gembira kepada mereka. Namun kebanyakan
kaumnya telah ingkar, lalu Allah menurunkan azab sengsara kepada kaum Madian
dan memusnahkan mereka
Kaum Madyan, kaumnya Nabi Syu'ib, adalah segolongan
bangsa Arab yang tinggal di sebuah
daerah bernama "Ma'an" di pinggir negeri Syam. Dikhabarkan juga
Kaum Madyan ini diambil sempena salah seorang anak kepada Nabi Allah Ibrahim.
Mereka terdiri dari orang-orang kafir yang tidak mengenal
AllahYang Maha Esa. Mereka menyembah kepada
"Aikah" yaitu sebidang padang pasir yang ditumbuhi beberapa pohon dan
tanam-tanaman. Cara hidup dan istiadat mereka sudah sangat jauh dari ajaran agama dan pengajaran
nabi-nabi sebelum Nabi Syu'aib a.s. Nabi Syuaib juga disebut Jethro
berdasarkan versi Injil Kristian. Selain sebagai
seorang Nabi dan Rasulullah bagi kaum Madyan, Nabi Syu'aib turut merupakan bapa mertua kepada Nabi
Musa a.s., selepas baginda Nabi Syu'aib merestui Ṣaffūrah anak perempuannya
dinikahi Nabi Musa.
Kemungkaran, kemaksiatan dan tipu menipu dalam pergaulan merupakan
perbuatan dan perilaku yang lumrah dan rutin dalam kehidupan sehari-harian kaum
Madyan atau Midian ini. Kecurangan dan perkhianatan dalam hubungan dagang
seperti pemalsuan barang, kecurian dalam takaran dan timbangan menjadi ciri
yang sudah sebati dengan diri mereka. Para pedagang dan petani kecil selalu
menjadi korban permainan para pedagang-pedagang besar dan para pemilik modal,
sehingga dengan demikian yang kaya makin bertambah kekayaannya, sedangkan yang
lemah semakin merosot modalnya dan semakin melarat hidupnya.
Sesuai dengan sunnah Allah sejak Adam
diturunkan ke bumi bahawa dari waktu ke waktu bila manusia sudah lupakan
kepada-Nya dan sudah jauh menyimpang dari ajaran-ajaran nabi-nabi-Nya, dan bila
Iblis serta syaitan sudah menguasai
sesuatu masyarakat dengan ajaran dan tuntutannya yang menyesatkan maka Allah
mengutuskan seorang rasul dan nabi untuk memberi penerangan serta tuntutan
kepada mereka agar kembali ke jalan yang lurus dan benar, jalan iman dan tauhid yang bersih dari
segala rupa syirik dan persembahan
yang bathil.
Kepada kaum Madyan diutuslah oleh Allah seorang Rasul iaitu Nabi Syu'aib,
seorang daripada mereka sendiri, sedarah dan sedaging dengan mereka. Baginda
mengajak mereka meninggalkan persembahan kepada Aikah, sebuah benda mati yang
tidak bermanfaat atau bermudharat dan sebagai gantinya melakukan persembahan
dan sujud kepada Allah Yang Maha Esa, Pencipta langit dan bumi termasuk
sebidang tanah yang mereka puja sebagai tuhan mereka. Nabi Syu'aib menyeru
kepada mereka agar meninggalkan perbuatan-perbuatan dan kelakukan-kelakuan yang
dilarang oleh Allah serta membawa kerugian bagi sesama manusia serta mengakibat
kerosakan dan kebinasaan masyarakat. Mereka diajak
agar berlaku adil dan jujur terhadap diri sendiri dan terutama terhadap orang
lain, meninggalkan perkhianat dan kezaliman serta perbuatan curang dalam
hubungan dagang, perampasan hak milik seseorang dan penindasan terhadap
orang-orang yang lemah dan miskin.
Diingatkan oleh Nabi Syu'aib akan nikmat Allah dan
kurniaan-Nya yang telah memberi mereka tanah subur serta sarana-sarana
kemakmuran yang berlimpah-ruah dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan anak cucu
yang pesat. Semuanya itu menurut seruan Nabi Syu'aib, patut diimbangi dengan
rasa bersyukur dan bersembah kepada Allah Maha Pencipta yang akan melipat
gandakan nikmat dan kurnia-Nya kepada orang-orang yang beriman dan bersyukur.
Diingatkan pula Nabi Syu'aib bahawa mereka tidak mahu sedar dan kembali kepada
jalan yang benar mengikuti ajaran dan perintah Allah yang dibawanya, nescaya
Allah akan mencabut nikmat dan kurnia-Nya kepada mereka, bahkan akan menurunkan
azabnya atas mereka di dunia selain seksa dari azab yang menanti mereka kelak
di akhirat bila di bangkitkan kembali dari kubur.
Kepada mereka Nabi Syu'aib dikisahkan seksa dan azab yang
diturunkan oleh Allah terhadap kaum Nuh, kaum Hud, kaum Saleh dan paling dekat
kaum Luth yang kesemua telah menderita dan menjadi binasa akibat kekafiran,
keangkuhan dan keengganan mereka mengikuti ajaran serta tuntutan nabi-nabi yang
diutus Allah kepada Mereka. Diingatkan oleh Nabi Syu'aib agar mereka beriktibar
dan ingat bahwa mereka akan mengalami nasib yang telah dialami oleh kaum-kaum
itu jika mereka tetap melakukan persembahan yang bathil serta tetap melakukan
perbuatan-perbuatan yang buruk dan jahat.
Dakwahnya
Dakwah dan ajakan Nabi Syu'aib disambut oleh mereka
terutama penguasa, pembesar serta orang-orang kaya dengan ejekan dan olok-olok.
Mereka berkata: "Adakah kerana solatmu, engkau memerintahkan kami
menyembah selain apa yang telah kami sembah sepanjang hayat kami. Persembahan
mana pula telah dilakukan oleh nenek moyang kami dan diwariskan kepada kami.
Dan apakah juga karena solatmu engkau menganjurkan kami meninggalkan cara-cara
hidup sehari-hari yang nyata telah membawa kemakmuran dan kebahagian bagi kami
bahkan sudah menjadi adat istiadat kami turun temurun. Sungguh kami tidak
mengerti apa apa tujuanmu dan apa maksudmu dengan ajaran-ajaran baru yang
engkau bawa kepada kami. Sungguh kami menyaksikan kesempurnaan akalmu dan
keberesan otakmu!"
Ejekan dan olok-olok mereka didengar dan diterima oleh
Syu'aib dengan kesabaran dan kelapangan dada. Ia sesekali tidak menyambut
kata-kata kasar mereka dengan marah atau membalasnya dengan kata-kata yang
kasar pula. Ia bahkan makin bersikap lemah lembut dalam dakwahnya dengan
menggugah hati nurani dan akal mereka supaya memikirkan dan merenungkan apa yang
dikatakan dan dinasihatkan kepada mereka. Dan sesekali ia menonjolkan hubungan
darah dan kekeluargaannya dengan mereka, sebagai jaminan bahwa ia menghendaki
perbaikan bagi hidup mereka di dunia dan akhirat dan bukan sebaliknya. Ia tidak
mengharapkan sesuatu balas jasa atas usaha dakwahnya. Ia tidak pula memerlukan
kedudukan atau menginginkan kehormatan bagi dirinya dari kaumnya. Ia akan cukup
merasa puas jika kaumnya kembali kepada jalan Allah, masyarakatnya akan menjadi
masyarakat yang bersih dari segala kemaksiatan dan adat-istiadat yang buruk. Ia
akan menerima upahnya dari Allah yang telah mengutuskannya sebagai rasul yang
dibebani amanat untuk menyampaikan risalah-Nya kepada kaumnya sendiri.
Kaumnya
Kaum Syu'aib akhirnya merasa jengkel dan jemu melihat Nabi
Syu'aib tidak henti-hentinya berdakwah bertabligh pada setiap kesempatan dan di
mana saja ia menemui orang berkumpul. Penghinaan dan ancaman dilontar kepada
Nabi Syu'aib dan para pengikutnya akan diusir dan akan dikeluarkan dari Madyan
jika mereka mahu menghentikan dakwahnya atau tidak mahu mengikuti agama dan
cara hidup mereka. Berkata mereka kepada Nabi Syu'aib dengan nada mengejek:
"Kami tidak mengerti apa yang kamu katakan. Nasihat-nasihatmu tidak
mempunyai tempat di dalam hati dan kalbu kami. Engkau adalah seorang yang lemah
fizikalnya, rendah kedudukan dalam pengaulan maka tidak mungkin engkau dapat
mempengaruhi atau memimpin kami yang berfizikal lebih kuat dan berkedudukan
yang lebih tinggi dari mu. Cuba tidak kerana kerabatmu yang kami segani dan
hormati, nescaya engkau telah kami rejam dan sisihkan dari pengaulan
kami."
Nabi Syu'aib menjawab: "Aku tidak akan hentikan
dakwahku kepada risalah Allah yang telah diamanahkan kepadaku dan janganlah
kamu mengharapkan bahwa aku mahupun para pengikutku akan kembali mengikuti
agamamu dan adat-istiadatmu setelah Allah memberi hidayahnya kepada kami.
Pelindunganku adalah Allah Yang Maha Berkuasa dan bukan kaum kerabatku, Dialah
yang memberi tugas kepadaku dan Dia pula akan melindungiku dari segala gangguan
dan ancaman. Adakah sanak saudaraku yang engkau lebih segani daripada Allah
yang Maha Berkuasa?"
Sejak berdakwah dan bertabligh menyampaikan risalah Allah
kepada kaum Madyan, Nabi Syu'aib berhasil menyedarkan hanya sebahagian kecil
dari kaumnya, sedangkan bahagian yang terbesar masih tertutup hatinya bagi
cahaya iman dan tauhid yang diajar oleh beliau. Mereka tetap berkeras kepala
mempertahankan tradisi, adat-istiadat dan agama yang mereka warisi dari nenek
moyang mereka. Itulah satu-satunya alasan yang mereka kemukakan untuk menolak
ajaran Nabi Syu'aib dan itulah benteng mereka satu-satunya tempat mereka
berlindung dari serangan Nabi Syu'aib atas persembahan mereka yang bathil dan
adat pengaulan mereka yang mungkar dan sesat. Di samping itu jika mereka sudah
merasa tidak berdaya menghadapi keterangan-keterangan Nabi Syu'aib yang
didukung dengan dalil dan bukti yang nyata kebenaran, mereka lalu melemparkan
tuduhan-tuduhan kosong seolah-olah Nabi adalah tukang sihir yang ulung. Mereka
telah berani menentang Nabi Syu'aib untuk membuktikan kebenaran risalahnya
dengan memdatangkan bencana dari Allah yang ia sembah dan menganjurkan orang
menyembah-Nya pula.
Mendengar tentangan kaumnya yang menandakan hati mereka
telah tertutup rapat-rapat bagi sinar agama dan wahyu yang ia bawa dan bahwa
tiada harapan lagi akan menarik mereka ke jalan yang lurus serta mengangkat
mereka dari lembah syirik dan kemaksiatan serta pergaulan buruk, maka
bermohonlah Nabi Syu'aib kepada Allah agak menurunkan azzab seksanya kepada
kaum Madyan bahwa wujud-Nya serta menentang kekuasaannya untuk menjadi ibrah
dan peringatan bagi generasi-generasi yang akan datang.
Allah Yang Maha berkuasa berkenan menerima permohonan dan
doa Syu'aib, maka diturunkanlah lebih dahulu di atas mereka hawa udara yang sangat
panas yang mengeringkan kerongkongan kerena dahaga yang tidak dapat dihilangkan
dengan air dan membakar kulit yang tidak dapat diubati dengan berteduh di bawah
atap rumah atau pohon-pohon. Di dalam keadaan mereka yang sedang bingung, panik
berlari-lari ke sana ke mari, mencari perlindungan dari terik panasnya matahari
yang membakar kulit dan dari rasa dahaga karena keringnya kerongkong tiba-tiba
terlihat di atas kepala mereka gumpalan awan hitam yang tebal, lalu berlarilah
mereka ingin berteduh dibawahnya. Namun setelah mereka berada di bawah awan
hitam itu seraya berdesak-desak dan berjejal-jejal, jatuhlah ke atas kepala
mereka percikan api dari jurusan awan hitam itu diiringi oleh suara petir dan
gemuruh ledakan dahsyat sementara bumi di bawah mereka bergoyang dengan kuatnya
menjadikan mereka berjatuhan, tertimbun satu di bawah yang lain dan melayanglah
jiwa mereka dengan serta-merta.
Nabi Syu'aib merasa sedih atas kejadian yang menimpa
kaumnya dan berkata kepada para pengikutnya yang telah beriman: "Aku telah
sampaikan kepada mereka risalah Allah, menasihati dan mengajak mereka agar
meninggalkan perbuatan-perbuatan mungkar serta persembahan bathil mereka dan
aku telah memperingatkan mereka akan datangnya seksaan Allah bila mereka tetap
berkeras hati, menutup telinga mereka terhadap suara kebenaran ajaran-ajaran
Allah yang aku bawa, namun mereka tidak menghiraukan nasihatku dan tidak
mempercayai peringatanku. Kerenanya tidak patutlah aku bersedih hati atas
terjadinya bencana yang telah membinasakan kaumku yang kafir itu.'
Kisah Nabi Syu'aib dikisahkan oleh Al-Quran dalam 39 ayat
pada 4 surah, di antaranya surah "Asy-Syu'ara" ayat 176 sehingga 191
sebagai berikut :~
"176.~ Kaum Aikah telah mendustakan rasul-rasul.177.~ Ketika Syu'aib
berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa?"178.~
Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan.179.~ maka bertakwalah kepada
Allah dan taatlah kepadaku.180.~ dan aku sesekali tidak meminta upah kepadamu
atas ajakan itu, upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.181.~
Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang
merugikan.182.~ dan timbanglah dengan timbang yang lurus.83.~ Dan janganlah
kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu bermaharajalela di
bumi dengan membuat kerosakan.184.~ Dan bertakwalah kepada Allah yang telah
menciptakan kamu dan umat-umat yang terdahulu.185.~ Mereka berkata:
"Sesungguhnya kamu adalah seorang daripada orang-orang yang kena
sihir.186.~ Dan kamu tidak lain melainkan seorang manusia seperti kami dan
sesungguhnya kami yakin bahwa kamu benar-benar termasuk orang-orang yang
berdusta.187.~ MAka jatuhkanlah atas kami gumpalan dari langit jika kamu
termasuk orang-orang yang benar.188.~ Syu'aib berkata: "Tuhanku lebih
mengetahui apa yang engkau kerjakan".189.~ Kemudian mereka mendustakan
Syu'aib lalu mereka ditimpa azab pada hari mereka dinaungi awan. Sesungguhnya
pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda {kekuasaan Allah} tetapi
kebanyakan mereka tidak beriman.191.~ Dan Tuhanmu benar-benar Dialah Yang Maha
Perkasa lagi Maha Penyayang." { Asy-Sua'ara : 176 ~ 191 }
Surah "Hud" ayat 84 sehingga ayat 95 sebagai
berikut :~
"84.~ Dan kepada {penduduk} Madyan {Kami utus} saudara mereka Syu'aib.
Ia berkata: "Hai kaumku sembahlah Allah sekali-kali tiada Tuhan bagimu
selain Dia. Dan janganlah kamu kurangi sukatan dan timbangan sesungguhnya aku
melihat kamu dalam keadaan yang baik {mampu} dan sesungguhnya aku khuatir
terhadapmu akan azab hari yang membinasakan {kiamat}.85.~ Dan Syu'aib berkata:
"Hai kaumku cukupkanlah sukatan dan timbangan dengan adil dan jgnlah kamu
merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kejahatan
di muka bumi dengan membuat kerusakan.86.~ Sisa {keuntungan dari Allah adalah
lebih baik bagimu jika kamu adalah orang-orang yang beriman}. Dan aku bukanlah
seorang penjaga atas dirimu."87.~ Mereka berkata: "Hai Syu'aib apakah
sembahyangmu menyuruh kami agar kami meninggalkan apa yang disembah oleh
bapa-bapa kami atau melarang kami membuat apa yang kami kehendaki tentang harta
kami. Sesungguhnya kamu adalah orang yang sgt penyantun lagi berakal."88.~
Syu'aib berkata: "Hai kaumku bagaimana fikiranmu jika aku mempunyai bukti
yang nyata dari Tuhanku dan anugerahi-Nya aku daripada-Nya rezeki yang baik
{patutlah aku menyalahi perintah-Nya}? Dan aku tidak mahu menyalahi kamu
{dengan mengerjakan} apa yang aku larang kamu daripadanya. Aku tidak bermaksud
kecuali {mendatangkan} kebaikan selama aku masih bersanggupan. Dan tidak apa
taufik bagiku melainkan dengan {pertolongan} Allah. Hanya kepada Allah aku
bertawakkal dan hanya kepada-Nyalah aku kembali.89.~ Hai kaumku janganlah
hendaknya pertentangan antara ku {dengan kamu} menyebabkan kamu menjadi jahat
hingga kamu ditimpa azab seperti yang menimpa kaum Nuh atau kaum Hud atau kaum
Saleh sedang kaum Luth tidak {pula} jauh {tempatnya/masanya} dari kamu.90.~ Dan
mohonlah ampun daripada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya.Sesungguhnya
Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih."91.~ Mereka berkata: "Hai
Syu'aib? Kami tidak banyak mengetahui tentang apa yang kamu katakan itu dan
sesungguhnya kami benar-benar melihat kamu adalah seorang yang lemah di antara
kami kalaulah tidak karena keluargamu tentulah kami akan merejam kamu sedang
kamu pun bukanlah seorang yang berwibawa di sisi kami."92.~ Syu'aib
menjawab: "Hai kaumku! Apakah keluargaku lebih terhormat menurut
pandanganmu daripada Allah sedang Allah kamu jadikan sesuatu yang terbuang di
belakangmu? Sesungguhnya {pengetahuan} Tuhanku meliputi apa yang kamu
kerjakan."93.~ Dan {dia berkata}: "Hai kaumku perbuatlah menurut
kemampuanmu sesungguhnya aku pun berbuat {pula}. Kelak kamu akan mengetahui
siapa yang akan kedatangan azab yang menghinakannya dan siapa yang berdusta.
Dan tunggulah azab {Tuhan}. Sesungguhnya aku pun menunggu bersama
kamu."94.~ Dan tatkal datang azab Kami, Kami selamtkan Syu'aib dan
orang-orang yang beriman bersama-sama dengan dia dengan rahmat dari Kami dan
orang-orang yang zalim dibinasakan oleh suatu suara yang mengguntur lalu
jadilah mereka mati bergelimpangan di rumahnya.95.~ Seolah-olah mereka belum
pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah kebinasaanlah bagi penduduk Madyan
sebagaimana kaum Tsamud telah binasa." { Hud : 84 ~ 95 }
Surah "Al-A'raaf" ayat 85 sehingga 93 sebagai
berikut :~
"85.~ Dan {Kami telah mengutuskan} kepada penduduk Madyan saudara
mereka Syu'aib. Ia berkata: "Hai kaumku! sembahlah Allah, sesekali tiada
Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang kepadaku bukti yang nyata
dari Tuhanmu. Maka sempurnakanlah sukatan dan timbangan dan janganlah kamu
kurangkan bagi manusia barang-barang sukatan dan timbangannya, dan janganlah
kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian
itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang yang beriman".86.~ Dan
janganlah kamu duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti dan
menghalang-halangi orang yang beriman dari jalan Allah dan menginginkan agar
jalan Allah itu menjadi bengkok. Dan ingatlah di waktu dahulunya kamu berjumlah
sedikit kemudian di perbanyak {oleh Allah}. Maka perhatikanlah bagaimana
kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan.87.~ Jiak ada segolongan daripada
kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada pula
segolongan yang tidak beriman , maka bersabarlah sehingga Allah menerapkan
hukuman-Nya di antara kita dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.88.~
Pemuka-pemuka drp kaum Syu'aib yang menyombongkan diri berkata:
"Sesungguhnya kami akan mengusir kamu hai Syu'aib dan orang-orang yang
beriman bersamamu dari kota kami atau kamu kembali kepada agama kami."
Berkata Syu'aib: "Dan apakah {kamu akan mengusir kami}, meski pun kami
tidak menyukainya?"89.~ Sungguh kami mengada-adakan kebohongan yang besar
terhadap Allah, jika kembali kepada agamamu, sesudah Allah melepaskan kami daripadanya,
Dan tidaklah patut kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah , Tuhan kami
menghendakinya. Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah
sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum
kami dengan hak {adil} dan Engkaulah Pemberi keputusan yang
sebaik-baiknya".90.~ Pemuka-pemuka kaum Syu'aib yang kafir berkata {kepada
sesamanya}: "Sesungguhnya jika kamu mengikuti Syu'aib, tentu kamu jika
berbuat demikian {menjadi} orang-orang yang merugi".91.~ Kemudian mereka
ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di dalam
rumah-rumah mereka.92.~ {iaitu} orang-orang yang mendustakan Syu'aib
seolah-olah mereka belum pernah berdiam di kota itu, orang-orang yang
mendustakan Syu'aib mereka itulah orang-orang yang rugi.93.~ Maka Syu'aib
meninggalkan mereka seraya berkata: "Hai kaumku sesungguhnya aku telah
menyampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku telah memberi nasihat
kepadamu. Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir."
{ Al-A'raf : 85 ~ 93 }
"Dan sesungguhnya penduduk Aikah itu benar-benar kaum yang zalim.79.~
Maka Kami membinasakan mereka. Dan sesungguhnya kedua kota itu {Aikah dan Sadum
kota kaum Luth} benar-benar terletak di jalan umum yang terang." {
Al-Hijr : 78 ~ 79 }
Makam Nabi Syu'aib
Makam Nabi Syu'aib dikatakan
terletak di Jordan; kira-kira 2 km
ke barat pekan Mahis didalam sebuah kawasan yang dikenali sebagai Wadi
Syu'aib. Tempat lain yang diperakui oleh golongan Duruzi sebagai Makam
Nabi Syu'aib terletak di Hattin di Galilee. Tapak ini
merupakan tempat suci bagi penganut Duruzi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar